KULTUM UNTUK JAMAAH PESBUKIYAH DARI KANG CHARLIE KARTADIPURA

header 728 x 90 3

KULTUM UNTUK JAMAAH PESBUKIYAH DARI KANG CHARLIE KARTADIPURA

Sambil menunggu sahur, ijinkah aku menyampaikan kultum kepada segenap jamaah pesbukiyah yang budiman. (Warning, status ini akan panjang. Mind your valuable time)

Sudahkah engkau mencibir bisnis orang lain hari ini? Masihkah engkau menggosipkan usaha marketer lain? Biasakah nyinyirin hasil pencapaian publisher lain? Sampai kapan kah menjelek-jelekkan lapak lain?

Jika engkau hanya memikirkan nasib diri sendiri, jika engkau hanya memikirkan periuk nasi keluargamu sendiri, jika engkau hanya mengamankan earning pribadi, jika engkau hanya menjaga dapur ngebulmu sendiri, STOP merecoki lapak orang lain.

Kau bisa saja tidak tahu orang lain susah payah menjalankan bisnisnya tidak hanya untuk dirinya dan keluarganya sendiri, tetapi untuk banyak orang disekitarnya.

Aku hanya menasehatimu.

Ketika marketer lain pamerin skrinsut earning ribuan dolar, bisa saja sebagian besar dia sumbangkan untuk orang miskin. Stop nyinyir.

Ketika publisher lain pamerin mobil seharga 500 juta, bisa saja dia sesungguhnya menahan diri untuk tidak membeli yang seharga 1 milyar karena 500 juta lainnya disumbangkan untuk kegiatan sosial. Stop bergunjing.

Ketika affiliate lain merombak kawasaki ninja seharga 60 juta dijadikan moge imitasi, bisa jadi dia sukses menahan diri tidak membeli harley davidson beneran karena duitnya dia sisihkan untuk membantu bayar gaji guru TK di pelosok gunung. Stop menjelekkan dibelakang.

Ketika orang lain foto-foto progres pembangunan rumahnya, bisa jadi dia menahan diri tidak membeli rumah mewah di perumahan elit karena untuk membangun rumah ibadah di kampungnya. Stop mencibir.

Stop merecoki usaha dan bisnisnya, sebab bisa saja justru kepentingan orang banyak yang kau usik.

Maaf jika aku kemudian membicarakan beberapa yang kami lakukan untuk membantu orang lain yang membutuhkan, tidak hanya untuk kebutuhan kami sendiri. Dinilai riya, pamer atau apalah silahkan, yang jelas selama ini kami melakukannya tanpa diberitakan dan diceritakan kemana-mana. Sampai kemudian saat ini.

Hasil bisnis kami beberapa tahun ini, disisihkan untuk membantu sesama. Pun, sudah dimulai ketika aku masih single fighter meski dengan skala kecil.

Kami membantu biaya berobat pasien tidak mampu setiap minggu melalui sebuah surat kabar. Kami mengirimkan bantuan saat Gunung Kelud meletus melalui PMI. Kami membangun masjid di pelosok Gunung Kidul. Membangun MCK di kota Banjar, Jawa Barat.

KULTUM UNTUK JAMAAH PESBUKIYAH DARI KANG CHARLIE KARTADIPURA

Kami mengirimkan bantuan saat musibah kebakaran di Jakarta, kami mengirimkan paket daging qurban ke Somalia, kami mengirimkan obat-obatan ke daerah konflik di Palestina, kami membelikan mesin-mesin pengolah kerajinan bambu di wilayah miskin, kami membuat program bimbingan ekonomi mandiri di pedesaan melalui PKPU.

Kami merencanakan pengadaan air bersih di daerah tandus, kami mengadakan khitanan masal 50 anak yatim dan kurang mampu, kami membelikan fasilitas belajar dan meja kursi dari para pengrajin kecil untuk membantu PAUD swadaya di pedalaman. Kami juga membangun ruang kelas sederhana untuk bocah-bocah penerus bangsa yang tidak mampu namun memiliki semangat belajar tinggi.

Kami membangun bedeng-bedeng santri dan kandang-kandang ayam untuk usaha mandiri pondokkan di sisi gunung. Kami mengirimkan AC dan buku-buku untuk sekolah TPA serta pengadaan genset masjid di Yogyakarta dan Jawa Barat. Kami membantu membangun rumah korban gempa Jogja yang bertahun-tahun tidak memiliki tempat tinggal. Kami merenovasi tempat-tempat ibadah di banyak tempat.

Kami membiayai operasional beberapa PAUD, TK, SD, TPA setiap bulannya. Kami membantu biaya operasi balita hydrosipalus di Yogyakarta. Kami secara rutin mengirimkan bantuan alat mandi dan alat tulis ke beberapa panti asuhan.

Kami mengadakan pelatihan keterampilan ke anak-anak SMK di Bantul, Gunung Kidul dan Kulonprogo. Kami membimbing para difabel berbisnis online. Kami datang ke seminar-seminar dan pelatihan peluang usaha tanpa dibayar.

Aku tak perlu berpikir lama untuk mengeluarkan uang hampir seratus juta setelah mendapatkan persetujuan partner-partner usahaku, ketika seorang mahasiswa yang mengasuh panti asuhan anak-anak berkebutuhan khusus di Jawa Timur, membutuhkan dana untuk membeli puluhan HP Android untuk menguji aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk para tuna wicara sebagai thesis S2-nya. Kami bahkan baru pertama kali bertemu dengannya.

Santey saja kalo ada yang pamer mobil harga milyaran, mungkin saja milyaran juga income-nya disisihkan untuk membantu banyak orang.

Apa yang kau lakukan wahai para Internet Marketer? Memikirkan kebutuhan keluarga sendiri? Itu kewajibanmu, lakukan dan tidak usah merecoki lapak orang lain.

Karena kau tidak akan pernah tahu.

Aku gak khawatir dengan pengasilanku, kami gak takut gak bisa menafkahi keluarga. Kami hanya sedih ketika kami gak bisa memenuhi permintaan bantuan meja kursi dan renovasi bangunan sekolah. Ketika proposal bantuan pengadaan takjil berdatangan, ketika ratusan amplop-amplop untuk janda-janda miskin menunggu diiisi tiap awal bulan, ketika sudah waktunya membayar gaji guru TK, dan ketika sudah waktunya membeli barang-barang kebutuhan panti.

Mereka semua berharap kepada kami.

Tolong jangan ganggu bisnis kami. Cukup kerjakan saja campaign-mu dan diam. Keriyaan ini, pamer-pamer diatas ini aku tuliskan untuk kau renungkan wahai yang suka nyinyir dan berburuk sangka pada bisnis orang lain.

Atau kau sahabatku para marketer techpreneur yang ingin bergabung mengais rupiah dan dolar sambil membantu sesama, silahkan gabung IndoCPA, Mobiggr, dan pasukan startup MALIOME. *ini iklan*

Dan, ini serius, aku punya Mitsubishi Outlander Sport 2013 Limited Edition super kinclong belum laku juga, mungkin pada gak percaya kalo ane jual. Belilah, secara tidak langsung kau membantu kami karena ada beberapa janji belikan genset untuk masjid dan pengadaan meja kursi serta renovasi bangunan sekolah di kampung ada yang belum terealisasi. Jika itu segera terjual, senyum banyak orang terkembang untuk kau juga 😉

Selamat sahur bagi yang menjalankan. Selamat bekerja bagi yang masih ngoprek depan laptop.

header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Artikel Tentang Semarang Dan Sekolah Bisnis Marketing OnlineDi Sini