CATATAN KANG RIANTO ASTONO TENTANG HOW-TO RETARGETING

header 728 x 90 3

CATATAN KANG RIANTO ASTONO TENTANG HOW-TO RETARGETING

catatan-kang-rianto-astono-tentang-how-to-retargeting

WHAT?

Retargeting (atau remarketing) adalah bentuk dari periklanan online yang dapat membantu Anda untuk menampilkan kembali promosi kepada pengunjung yang sempat datang lalu meninggalkan website (bounced traffic). Fakta menunjukkan, secara umum hanya 2% dari visitor web yang konvert pada kunjungan pertamanya. RETARGETING akan mengembalikan 98% peluang yang hilang dengan menampilkan kembali iklan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

WHEN?

Retargeting dilakukan ketika sebuah website/LP memiliki traffic. Seluruh traffic yang masuk melalui jalur organic maupun berbayar dapat langsung di-retargeting. Tidak ada standar mengenai rentang waktu kapan retargeting sebaiknya dimulai. Semua harus disesuaikan dengan plan marketing yang dimiliki, berdasarkan banyak sekali faktor. Tokopedia dan hampir kebanyakan website besar melakukan retargeting sesaat setelah pengunjung datang. Beberapa website lain melakukan retargeting ketika ada event khusus atau untuk momentum scarcity.

WHERE?

Tidak hanya di Facebook, model periklanan ini juga dapat dilakukan di berbagai platform lainnya. Tapi di note ini kita akan fokus membahas retargeting di Facebook.

WHO?

Semua advertiser idealnya melakukan retargeting. Tanpa retargeting, kita akan membuang banyak sekali peluang. Retargeting merupakan salah satu cara untuk merubah traffic temperature.

WHY?

Seperti yang kerap saya katakan sebelumnya, seluruh campaign yang tidak memiliki plan yang matang sejak awal, termasuk penggunaan pixel untuk membangun asset audience (beserta cara memilihnya) dan juga retargeting, hanya tinggal menunggu waktu saja untuk boncos. Di market US, saya tidak lagi menemukan campaign yang untung ketika dijalankan asal-asalan, asal murah dan asal hitung. Satu-satunya alasan mengapa sebagian kecil advertiser lokal masih untung dengan campaign “biasa” hanyalah karena tingkat kompetisi disini masih belum sekenceng yang ada di luar. Sayangnya, era itu akan segera berlalu melihat fenomena pengguna FB Ads belakangan ini. So, bersiap, belajar dan lakukan dari sekarang atau boncos selamanya.
Lebih lanjut tentang konsep retargeting, dapat Anda baca di blog saya : http://riantoastono.com/catatan-tentang-remarketing-dan-retargeting/
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Artikel Tentang Semarang Dan Sekolah Bisnis Marketing OnlineDi Sini