CATATAN FB PIXEL DARI KANG RIANTO ASTONO

header 728 x 90 3

CATATAN FB PIXEL DARI KANG RIANTO ASTONO

catatan-fb-pixel-dari-kang-rianto-astono

Apa itu FB Pixel?

Facebook Pixel sejatinya adalah sebuah kode (javascript) yang diletakkan pada sebuah laman website dengan fungsi untuk merekam data pengunjung yang datang.

FB Pixel memiliki cara kerja yang sama seperti kode website stats dan tracker online lainnya, semisal histats, Google Analytics, sitemeter dan lain sebagainya. Bedanya, FB Pixel digunakan tak hanya untuk mencatat data kunjungan semata, melainkan juga sebagai “bahan baku” dalam membuat website custom audience, salah satu jenis audience yang paling powerful di Facebook.

Konsep FB Pixel
Dengan meletakkan FB Pixel pada sebuah laman website, maka kita tidak menyia-nyiakan sebuah kunjungan. Setiap visitor yang masuk ke website, baik melalui jalan organik maupun paid ads (termasuk FB ads) akan direcord dan dikumpulkan menjadi audience khusus.

Audience tersebut disebut ‘khusus’ karena mereka pernah mengunjungi laman website/landingpage yang kita miliki. Artinya, orang-orang tersebut sekurang-kurangnya memiliki minat dan ketertarikan dengan konten yang kita miliki, dibandingkan jenis audience lainnya yang dipilih secara acak.

Selain itu, mereka juga telah mengenal kita, ibarat seseorang yang berkunjung ke rumah Anda dan sempat melihat-lihat isinya, at least mereka ingatlah dengan Anda. Dan mereka yang kenal, sudah tahu, apalagi sudah percaya, orang-orang model inilah yang paling mungkin melakukan transaksi dengan Anda, jual-beli, bisnis, apapun itu.

So, membuat sebuah laman web/landingpage tanpa meletakkan FB pixel di dalamnya, itu sama seperti membuang-buang harta karun yang seharusnya Anda simpan menjadi kolam peluang.

Oh ya, tentu saja, tak ada opsi lain jika ingin menggunakan FB pixel selain Anda memiliki LP/web sendiri. Serius berbisnis online? Wajib hukumnya memiliki website sendiri. Jika ada yang ngomong bisnis online serius itu bisa dilakukan tanpa pakai website, jewer aja mulutnya :v

 

FB Pixel untuk smart retargeting
Anda mungkin sudah membaca konsep retargeting sebelumnya yang pernah saya ulas panjang x lebar disini (jika belum silahkan klik dan baca dulu). Nah, salah satu fungsi terpenting pixel adalah untuk melakukan retargeting tersebut.

Tanpa pixel, kita tidak bisa melakukan retargeting, karena kita tak pernah tahu siapa-siapa saja yang pernah berkunjung di website yang kita miliki.

Hebatnya, model retargeting dan mengatur custom audience memanfaatkan pixel tak hanya berhenti sampai disitu saja, karena kita juga bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :
– Mengetahui kunjungan per laman/url website kita berdasarkan permalinks, keywords, bisa ditarget terpisah.
– Mengetahui kunjungan dalam jangka waktu tertentu. Fungsinya adalah untuk reminder visitor yang pernah berkunjung ke website kita sebelumnya.
– Memisahkan audience berdasarkan laman/url dan melakukan include dan exclude audience sehingga tak akan dobel-dobel dan “menjual” kepada orang yang sudah membeli atau sebaliknya.
– Dan masih banyak lagi

Dimana mengambil dan meletakkan FB Pixel?
FB Pixel dapat diambil dengan sangat gampang di Ads Manager pada FB ads, tools > pixels. Lihat gambar :

Pada Facebook Pixel, pilih action > view pixel code. Lihat gambar :

Copy code yang muncul dan letakkanlah di website Anda :

– Untuk track seluruh laman, letakkan di footer atau header (seperti menaruh kode histats)
– Untuk track laman tertentu saja, letakkan pixel dimanapun yang Anda butuhkan.
– Anda bisa mengecek status kode pixel. Jika “active”, berarti Anda sudah memasangnya dengan benar.

Semoga bermanfaat

header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Artikel Tentang Semarang Dan Sekolah Bisnis Marketing OnlineDi Sini